header1.jpg

Berbagai kegiatan telah dilakukan oleh Humas BPPT dalam menunjang pencitraan BPPT kepada publik. Hal tersebut disampaikan oleh Ibu Lucyana H. Habibie, Kepala Bagian Humas BPPT, yang menjadi Narasumber dalam acara rutin bulanan Diskusi Akbar pada tanggal 29 Juni 2012. Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi keikutsertaan dalam pameran, Press Conference, wawancara radio, wawancara televisi, talk show, dan lain sebagainya. Selain itu Bagian Humas juga secara rutin menerbitkan buletin Siaran BPPT, Majalah, Klipping, dan lain-lain. Untuk menunjang dan memperkaya materi penyiaran tersebut sangat diperlukan kerjasama dari Unit Kerja Teknis dalam memberikan kontribusi informasi dan data yang akan disampaikan kepada para pemangku kepentingan. Materi-materi tersebut dapat berupa gambar teknis, bahan pamer, dokumen data, dan lain-lain sehingga informasi yang disampaikan kepada publik sudah komprehensif.

Dari data yang dimiliki oleh Bagian Humas, disampaikan pula tentang data dan grafik Unit Kerja mana saja yang paling sering muncul di berbagai media. Hal ini dapat dijadikan gambaran tentang topik apa saja yang sering menjadi perbincangan dan pembahasan di masyarakat dan seberapa cepat dan sering BPPT merespon hal tersebut. Semakin cepat dan sering BPPT meresponnya maka diharapkan membawa dampak positif bagi pencitraan BPPT di masyarakat.

Dalam diskusi muncul beberapa usulan dari para pegawai bahwa untuk meningkatkan kemampuan pegawai dalam menulis artikel yang bernilai berita, agar Bagian Humas mengkoordinir diadakannya pelatihan cara menulis berita. Hal ini dimaksudkan agar para pegawai sebagai Peneliti atau Perekayasa dapat juga sekaligus menjadi penulis berita dari kegiatannya masing-masing tanpa harus menunggu Bagian Humas yang menulisnya. Dengan begitu maka akan semakin banyak kegiatan BPPT yang dapat menjadi sumber berita bagi kalangan media.