header2.jpg

Job grading sudah diselesaikan dan dapat ditandatangani serta divalidasi. Ada 1065jabatan yang tersebar di 45 unit kerja yang terdiri dari 321 jabatan struktural dan 744 jabatan fungsional dari keseluruhan jumlah pegawai BPPT yaitu 2995,” ungkap Sulaiman Kurdi saat membuka sambutan nya pada acara Penandatanganan Berita Acara Validasi job grading di lingkungan BPPT, (11/10).

Berita acara, menurutnya merupakan salah satu point penting dalam kelengkapan usulan Reformasi Birokrasi (RB) dan akan disampaikan ke RB Nasional serta disahkan menjadi tunjangan kinerja.

Direktur Gaji dan Kesejahteraan BKN Mokhamad Syuhadhak yang juga hadir pada acara tersebut menyampaikan bahwa penandatangan job grading merupakan langkah yang bagus dari sisi instansi pemerintah dan BPPT merupakan instansi pertama yang telah menyelesaikan penyusunan job grading.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang diwakili oleh Asisten Deputi Bidang SDM Menpan, Salman Sijabat menjelaskan bahwa hasil job grading harus dilihat secara nasional, sehingga perlu diambil kebijakan secara nasional agar gradingnya lebih tinggi serta evaluasi perlu ditindaklanjuti dengan tujuan menuju organisasi kelas dunia. Oleh karena itu perlu disusun informasi-informasi faktor jabatan dan terus dilakukan perbaikan berkesinambungan untuk mencapai kesempurnaan pada tahun 2024 akan diharapkan menjadi organisasi-organisasi kelas dunia.

Jumain Appe senada dengan Mokhamad Syuhadhak, menjelaskan bahwa BPPT merupakan instansi yang pertama menyelesaikan penyusunan job grading dan evaluasi lapangan oleh tim independen. “ RB merupakan perubahan dari tahun ke tahun secara terus menerus terjadi dinamika perubahan dengan tujuan bagaimana meningkatkan peran BPPT kepada bangsa Indonesia didalam rangka meningkatkan pembangunan nasional membangun daya saing dan kemandirian bangsa ke depan,” ucapnya.

Menurutnya, BPPT mencanangkan harus dilaksanakan RB karena ingin melakukan perubahan dimulai dari melakukan hal-hal kecil didalam perubahan sampai dengan sifat yang besar yang dibuat didalam dokumen RB.”Bagi BPPT tujuan ke depannya adalah untuk meningkatkan peran dan kinerja BPPT,”ucapnya.

Penandatanganan Berita Acara Job Grading di lingkungan BPPT telah ditandatangani oleh Jumain Appe dan Salman Sijabat, yang disaksikan oleh Kepala BPPT Marzan Aziz Iskandar. Tampak hadir Deputi Kepala BPPT Bidang TPSA Ridwan Djamaludin, Deputi Kepala BPPT Bidang PKT Tatang A Taufik, Deputi Kepala BPPT Bidang TIEM Unggul Priyanto serta para pejabat di lingkungan BPPT.