header3.jpg

“proses pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) makin hari makin perlu dilakukan percepatan sejalan dengan proses RB Nasional. Dimana tahun ini Kementerian PAN dan RB ditargetkan untuk mengusulkan beberapa lembaga yang harus masuk didalam program RB Nasional,” demikian diungkapkan Sekretaris Utama selaku Kepala Program RB BPPT, Jumain Appe pada acara review program RB yang berlangsung di ruang rapat Audio Visual ged.2 lantai 14 BPPT (4/8). Oleh karena itu, lanjut beliau, 1 bulan terakhir ini BPPT sangat intensif melakukan pertemuan dengan Kementerian PAN dan RB (Menpan), seperti menghadiri undangan pertemuan workshop pada tanggal 22 – 24 Juni 2011 yang berlangsung di Bogor.

Didalam pertemuan workshop Menpan tersebut disebutkan bahwa salah satu lembaga yang telah memenuhi persyaratan penyusunan roadmap dan proposal sesuai grand design RB Nasional adalah BPPT. Oleh karena itu konsekuensinya BPPT harus siap dan membuktikan kesiapannya tersebut pada saat Tim Verifikasi Lapangan berkunjung ke BPPT.

Acara review program RB ini diadakan dengan tujuan mereview dan melihat kendala-kendala didalam pelaksanaan RB dalam pencapaian target. Salah satu hal penting yang dibahas adalah proses grading jabatan yang harus sesuai dengan pedoman Menpan. Disamping itu yang terpenting juga adalah komitmen BPPT untuk menyelesaikan restrukturisasi organisasi agar dapat diimplementasikan pada tahun 2012.

Jumain Appe juga menjelaskan bahwa implementasi RB kepada kedeputian telah dilakukan dimana setiap deputi dan Unit Kerja (UK) harus membentuk Tim Pengelola Perubahan / Project Management Office (PMO). Tim PMO akan bekerja sama dengan Tim Teknis RB khususnya Kelompok Kerja (Pokja) Manajemen Perubahan.

Pada acara ini Sulaiman Kurdi selaku Insinyur Kepala Program RB menyampaikan bahwa seluruh pokja harus lebih memacu kinerjanya untuk dapat memenuhi target-target yang telah ditetapkan dalam baseplan program RB BPPT.