header2.jpg

Dalam rangka penyamaan atas Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025 serta Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi Nomor 20 Tahun 2010 tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2010-2014 kepada seluruh unit kerja maka pada tanggal 21 April 2011 bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Gedung 2 BPPT telah diselenggarakan sosialisasi Grand Design & Road Map RB yang disampaikan oleh Deputi Bidang program & RB Kementerian Negara Pemberdayaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi, yaitu Bapak Ismail Mohamad, yang dihadiri oleh para Deputi serta kepala unit kerja baik pusat maupun Balai yang berada di lingkungan BPPT.

Bapak Jumain Appe selaku Ketua Tim Pelaksana RB BPPT didalam penyambutan pembukaan menjelaskan bahwa Reformasi Birokrasi BPPT sudah mulai dideklarasikan secara nasional deimana dimulai dengan dimensi persyaratan administrasi. Secara umum seluruh kelengkapan administrasi yang menjadi persyaratan Kementerian PAN dan RB untuk penetapan kesiapan suatu instansi untuk menjalankan Reformasi Birokrasi sudah sebagian besar terpenuhi. Bapak Jumain Appe juga menjelaskan program-program yang telah dicapai oleh BPPT selama melaksanakan Reformasi Birokrasi.

Pada kesempatan yang sama, Bapak Ismail Mohamad menjelaskan bahwa capaian BPPT sudah tercapai dan sudah jauh dari kementerian yang lain serta semuanya sudah memenuhi persyaratan.

Pada paparannya, Bapak Ismail menjelaskan perbedaan mendasar antara Permenpan yang baru dengan yang lama, diantaranya yaitu area perubahan Reformasi Birokrasi berubah dari 3 area menjadi 8 area perubahan dan yang paling sulit adalah mind set serta cultur set.

Perubahan mind set serta cultur set dapat dilakukan dengan diklat tetapi tetap harus ada sistem yang mendorong dalam perubahan tersebut. Pelayanan publik adalah sesungguhnya produk dari semua area perubahan didalam program Reformasi Birokrasi.