header3.jpg

Dalam rangka mengintegrasikan program implementasi Reformasi Birokrasi Setama, maka pada tanggal 19 Oktober 2010 bertempat di ruang rapat lantai 9 gedung 1 BPPT telah dilaksanakan lokakarya untuk mengintegrasikan seluruh program perbaikan di seluruh unit kerja Setama. Lokakarya dihadiri oleh seluruh Kepala Biro/Pusat, seluruh pejabat struktural Setama serta change manager tiap unit kerja di lingkungan Setama.

Lokakarya dimulai dengan pelaporan dari change manager Setama Bapak Beni Nugraha tentang progress pengumpulan program perubahan yang telah dibuat oleh seluruh unit kerja Setama. Lokakarya ini bertujuan untuk melakukan integrasi dari seluruh program perubahan serta untuk membahas rencana tindak dari setiap unit kerja Setama.

Bapak Jumain Appe selaku change sponsor Setama dalam arahannya menjelaskan bahwa Reformasi Birokrasi bukan suatu perintah tapi mandatory yang harus kita lakukan jadi tidak tergantung pada jajaran pimpinan tetapi seluruh pegawai beserta jajaran pmpinan harus komit bahwa Reformasi Birokrasi adalah penting dan harus dilaksanakan. BPPT juga harus menunjukan kepada masyarakat atas perubahan yang telah dilakukan sehingga akan mengakibatkan ada perbaikan tingkat kesejahteraan, meskipun itu bukan tujuan utama tetapi menjadi pendorong untuk melaksanakan reformasi birokrasi dengan baik.

Pada lokakarya tersebut, Bapak Sulaiman Kurdi menjelaskan bahwa untuk dapat melakukan integrasi seluruh program perbaikan di seluruh Setama yang diperlukan adalah topik perbaikan dan objektifnya untuk dapat dihubungkan kedalam 5 agenda Reformasi Birokrasi BPPT. Ada 2 (dua) unit kerja pusat yang tidak bisa diintegrasikan yaitu BPPT Enginering dan Inspektorat karena unit kerja tersebut tidak merepresentasikan Setama tetapi merepresentasikan BPPT langsung. Namun demikian untuk koordinasinya dilakukan oleh Setama.

Setelah lokakarya ini nantinya akan dilanjutkan dengan penentuan program Quick Wins Setama yang didasarkan pada keterkaitan program-program perbaikan di seluruh unit kerja di lingkungan Setama. Sedangkan waktunya akan ditentukan kemudian.