header3.jpg

Dalam rangka penyusunan Proses Bisnis BPPT, Pokja 5 RB BPPT menyelenggarakan serangkaian Sesi Diskusi dengan membahas 5 peran BPPT. Pada tanggal 11 Oktober 2010 bertempat di Ruang Komisi Utama telah dilaksanakan sesi diskusi pertama dengan Topik "BPPT dalam peran "Technology Clearing House" (TCH) dengan narasumber / kontributor Bapak Jusman S. Djamal, Bapak Said Didu serta Bapak Tatang A. Taufik.

Pada diskusi tersebut, Bapak Said Didu menjelaskan beberapa variabel yang dijadikan analisis dalam technologi clearing house, yaitu: life time technology, keamanan dan kesinambungan teknologi, cost dan revenue teknologi, tingkat persaingan di dunia, serta tingkat perfeksionisme teknologi. Bapak Said Didu juga menjelaskan bidang apa saja yang sebaiknya didorong dan ditingkatkan dalam hal technology clearing house.

Bapak Tatang A. Taufik mengawali pembahasan technology clearing house dengan penjelasan peran sebagai kontribusi nilai bagi BPPT dalam memberikan kontribusi kepada negara melalui technology clearing house. BPPT juga dalam perannya sebagai technology clearing house sebagai pemberi izin sehingga harus lebih selektif dan sesuai dengan kepentingan publik dengan pertimbangan keamanan, kesehatan, lingkungan dan kepentingan visi negara.

Sementara itu Bapak Jusman S. Djamal juga mempresentasikan mengenai technology clearing house, dimana dalam penjelasannya apabila BPPT ingin melakukan peran technology clearing house maka harus merombak tupoksinya sehingga ada transparansi dan accountability. Selanjutnya Bapak Jusman S. Djamal juga menjelaskan perspektif dalam bisnis teknologi dan beberapa tahap industrialisasi.

Untuk menambah wawasan didalam peran BPPT sebagai technology clearing house, semua peserta diskusi bebas mengemukakan pendapatnya tentang technology clearing house. Hasil diskusi ini nantinya dimaksudkan sebagai sosialisasi dan pengkayaan wawasan para pimpinan dan pegawai tentang 5 peran BPPT serta pengkayaan wawasan TIM-Teknis RB khususnya, Pokja-1 Postur Birokrasi & Quickwin, Pokja-4 Renstra & Restrukturisasi dan Pokja-5 Proses Bisnis.