header1.jpg

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) berkomitmen melakukan implementasi Reformasi Birokrasi (RB) di seluruh unit kerjanya. Arahan kepala BPPT pada Raker BPPT Tahun 2021 menyampaikan RB sebagai kebutuhan Organisasi. Seiring dengan hal tersebut, BPPT juga berkomitmen melakukan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Pembangunan ZI di unit kerja merupakan kewajiban yang tertuang dalam perintah harian kepala BPPT nomor 7 yaitu “wujudkan WBK dan WBBM di seluruh unit kerja BPPT”.

Sering dengan komitmen melakukan implementasi ZI, pada tanggal 4 Februari 2021, BPPT mengadakan studi banding pembangunan ZI menuju WBBM di Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor (SMAKBo) secara daring. Acara ini juga diikuti oleh dua unit kerja yang sudah WBK yaitu dari Balai Bioteknologi Kedeputian TAB dan Balai Teknologi Polimer Keduptian TIEM. Dua unit kerja BPPT tersebut dengan semangat 3S Solid Smart Speed, bersinergi untuk mewujudkan implementasi ZI menuju WBBM.

Terdapat dua komponen yang harus dibangun oleh instansi pemerintah dalam pembangunan ZI menuju WBK/WBBM, yaitu: Komponen pengungkit dan komponen hasil. komponen pengungkit yaitu 6 area perubahan yaitu Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.