header1.jpg

{rokbox}images/stories/sunset.jpg{/rokbox}

Pada Diskusi Akbar yang ke 11 mengambil topik “Sharing Experience membangun Lab di BPPT” dengan narasumber dari PTIP yaitu Bapak Marlin Wijaya dan Bapak Abdul Ghofar. Pengembangan Lab teknologi industri proses adalah salah satu implementasi kerekayasaan di BPPT. Kegiatan riset dilembaga-lembaga litbang, perguruan tinggi maupun unit-unit R&D industri, umumnya masih bersifat parsial dan belum terintegrasi apalagi bersinergi dengan proses.

Lab PTIP dibangun dengan dana yang diperoleh dari proyek-proyek yang betkaitan dengan rancang bangun dan rekayasa, tidak ada dana khusus untuk membangun lab. Dengan tujuan menjadi pusat kegiatan teknologi yang dapat menghimpun dan memberdayakan sumber daya secara terpadu dan sinergis dengan unit-unit terkait serta dapat melakukan validasi teknologi proses diberbagai bidang industri pengolahan nasional.

Dari diskusi akbar ini terbukti bahwa dengan sumber daya yang terbatas, para perekayasa dari PTIP dapat mewujudkan pembangunan lab yang sangat berguna untuk kemajuan perekayasaan di BPPT.