header1.jpg

{rokbox}images/stories/pic2rb.jpg{/rokbox}{rokbox}images/stories/pic3rb.jpg{/rokbox}{rokbox}images/stories/pic4rb.jpg{/rokbox}{rokbox}images/stories/pic5rb.jpg{/rokbox}Pada tanggal 28 – 29 Oktober 2009 telah dilaksanakan konsinyering Tim Teknis Reformasi Birokrasi BPPT bertempat di hotel Grand Pasundan Bandung. Konsinyering ini bertujuan untuk konsolidasi Rencana Tindak seluruh Pokja RB BPPT dan dihadiri oleh 50 orang Tim Teknis RB serta dibuka oleh Sekretaris Utama yang juga adalah Ketua Tim Implementasi RB-SETAMA .

Pembahasan dalam konsinyering RB-BPPT ini terdapat 2 (dua) materi yaitu:

1. Rencana Tindak (rentin)

Setiap Pokja RB menyusun rencana tindak berdasarkan Rencana induk yang terdapat dalam proposal RB BPPT. Rencana tindak meliputi target luaran pada masing-masing WBS/pokja sesuai dengan buku pedoman umum re formasi birokrasi, serta indikator kinerja yang terbagi menjadi 2 kriteria sukses yaitu dokumen substansi dan dokumen administratif. Kriteria sukses ini akan menjadi ukuran keberhasilan dari masing-masing WBS pada pokja.

Dokumen substansi meliputi aliran informasi dan sistem pelaporan didalam pelaksanaan program kerekayasaan. Sedangkan dokumen administrative meliputi dokumen pendukung didalam pelaksanaan program kerekayasaan.

Hasil penyusunan kegiatan Rencana Tindak (rentin) ini akan dijadikan Baseplan awal dalam program RB.

2. Program Manual

Program manual merupakan pedoman yang menjadi pedoman atau acuan dalam pelaksanaan kegiatan untuk masing-masing Pokja RB.

Dalam sistem tata kerja kerekayasaan, seluruh kegiatan program harus berjalan sesuai dengan yang dinyatakan dalam Pogram Manual.

Keterlibatan setiap pokja dalam penyusunan program manual agar dapat memberikan pengkayaan atau gagasan didalam program RB sehingga membuat pekerjaan RB terarah.

Setiap pokja mempresentasikan hasil dari rencana tindak dan program manual yang telah di buat. Tujuannya untuk mendapatkan progress dari produk keluaran dan mendapatkan kredit point dari pekerjaan yang telah dilaksanakan.

Dalam rangka menambah motivasi Tim RB, konsinyering ini juga diisi agenda Motivation Session yang disampaikan oleh narasumber Bapak Mahfud WP.

Hasil diskusi dalam konsinyering ini akan disusun menjadi dokumen Program Manual RB BPPT yang akan menjadi Pedoman Pelaksanaan RB di lingkungan BPPT.